Sesuai namanya, Razer Kraken X for Console adalah headset yang penggunaannya terutama untuk konsol gim. Ini dilengkapi juga dengan mikrofon yang dapat meminimalisir suara bising latar belakang.

Razer adalah salah satu perusahaan yang andal dalam menghadirkan berbagai perangkat periferal komputer, termasuk headset gaming. Meski demikian, selain unggul dalam perlengkapan gaming, perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat juga andal dalam menghadirkan perlengkapan untuk konsol.

Perangkat terbaru untuk keperluan konsel dari Razer adalah headset Razer Kraken X for Console. Seperti kebanyakan headset gaming, Razer Kraken X for Console memiliki rancang bangun over-ear. Artinya, produk ini memiliki unit driver yang berukuran besar sehingga cukup untuk menutupi telinga secara keseluruhan agar pengalaman bermain lebih optimal.

Razer mengatakan bahwa konsol yang dapat digunakan oleh headset ini adalah Sony PlayStation, Microsoft Xbox, dan Nintendo Switch. Pada kesempatan kali ini, saya menguji Razer Kraken X for Console menggunakan konsol gim Sony PlayStation 4. Terdapat dua pilihan warna untuk perangkat audio tersebut yaitu Xbox Green dan PlayStation White. Kebetulan unit yang akan saya ulas berwarna PlayStation White.

Desain dirancang ergonomis

Salah satu penentu kualitas suara dalam headset gaming adalah isolasi suara pada telinga ketika digunakan. Kraken X for Console hadir dengan rancang bagun over-ear sehingga mampu menutup seluruh bagian telinga supaya suara dari driver akan terdengar secara menyeluruh. Selain itu, suara dari headset ini tidak akan bocor dan terdengar dari luar.

Bantalan telinga yang digunakan Kraken X for Console dibuat dari bahan yang cukup empuk. Dan jika kamu adalah salah satu orang yang menggunakan kacamata, maka akan terasa nyaman karena bantalan telinga akan mengikuti bentuk frame gagang kacamata. Lapisan material yang digunakan bantalan ini terbuat dari kulit tiruan tanpa pori-pori, inilah sebabnya suara dari driver tidak akan bocor.

Razer merancang bantalan telinga headset ini dengan bentuk oval. Hal ini memungkinkan lebih pas dikenakan di telinga jika dibandingkan dengan bentuk lingkaran standar. Bantalan yang lunak juga terdapat pada bagian kepala sehingga menambah nuansa yang nyaman meski digunakan dalam durasi yang lama.

Masing-masing unit driver kiri dan kanan memiliki engsel sehingga memungkinkannya berputar ke atas dan ke bawah beberapa derajat. Mekanisme ini memungkinkannya menyesuaikan dengan tulang pelipis agar menambah rasa nyaman. Ada pula mekanisme slider (geser) yang bermanfaat untuk menyesuaikan headset dengan ukuran kepala masing-masing pengguna. Ketika slider berada pada posisi maksimal maupun minimal, tidak ada kabel sambungan antar driver yang terlihat karena Razer secara rapi menyembunyikannya.

Performa

Mikrofon headset buatan Razer ini terletak di sebelah kiri. Meskipun tidak dapat dilepas, mikrofon ini memiliki bahan yang fleksibel sehingga dapat diarahkan menjauh atau mendekat dari posisi mulut untuk mendapatkan posisi terbaik. Selain itu, ketika sedang tidak digunakan, kamu dapat menekan tombol mute (bisu) mikrofon yang juga ada di sebelah kiri. Terdapat pula tombol putar untuk mengatur volume yang berdekatan dengan tombol mute mikrofon.

Kabel penghubung antara konsol dan headset terdapat di sebelah kiri. Antarmuka port kabel yang memiliki ukuran panjang 1,3 meter ini menggunakan jack 3,5 mm. Ada pula kabel ekstension berukuran sekitar 1,5 meter yang memungkinkan kamu menghubungkannya ke PC via port speaker dan mikrofon khusus. Razer merancang kabel Kraken X for Console dengan bahan yang tidak mudah kusut demi kenyamanan saat bermain gim.

Mikrofon dari headset tersebut memiliki teknologi unidirectional. Artinya, ini cukup fokus menangkap gelombang suara di depannya hingga 60 derajat. Dengan demikian, ini dapat dengan jelas menangkap suara kamu dengan minim gangguan noise di latar belakang. Performa yang dihadirkannya cukup baik, saya juga sempat mencobanya saat melakukan pembicaraan di dalam telepon. Suara saya dapat dengan jelas terdengar oleh lawan bicara saya.

Ukuran driver dari Kraken X for Console adalah 40 mm yang bisa dibilang ukuran standar dari headset gaming dengan tipe over-ear. Dengan ukuran driver tersebut, headset dari Razer ini memiliki respons frekuensi mulai dari 12 Hz hingga 28.000 kHz, yang menjanjikan suara detail pada nada nada rendah, menengah dan tinggi. Bobot dari produk tersebut adalah 250 gram yang cukup ringan untuk dikenakan di kepala.

Saya mencoba Razer Kraken X for Console dengan menghubungkannya ke konsol PS4 dengan memainkan gim Grand Theft Auto (GTA) 5. Ketika di dalam gim sedang dalam keadaan hujan, suara gemericik air sangat terdengar jelas, kemungkinan ini berkat driver dengan response frekuensi yang sangat tinggi. Kualitas suara surround yang dihasilkannya pada saat adegan hujan juga terbilang bagus meski tidak terlalu istimewa.

Ketika karakter di dalam gim mengendarai mobil, suara sekitar terdengar bagus dengan suara mesin berfrekuensi rendah tidak mendominasi frekuensi lainnya. Suara-suara kendaraan di sekitarnya terdengar bagus sehingga saya dapat mendeteksi arah datangnya kendaraan tersebut. Saya juga sempat merasakan dikejar polisi ketika berada di dalam gim. Kualitas surround dari Kraken X for Console dapat mensimulasikan sirine polisi yang berada di belakang karakter yang saya mainkan.

Ketika terdapat adegan tembak-tembakan, suara yang disodorkannya cukup bagus. Ada pun suara yang cukup menggelegar ketika ada beberapa mobil saling bertabrakan, jeritan orang di sekitarnya juga terdengar cukup bagus dengan virtualisasi surround yang mumpuni.

Tidak ada salahnya jika saya mencoba headset gaming Razer Kraken X for Console dengan bermain gim di perangkat lain selain konsol. Pasalnya, saya juga menghubungkannya ke ponsel untuk memainkan gim PUBG Mobile.

Untuk gamer kasual, suara surround yang dihasilkannya cukup bagus karena dapat saya dapat dengan mudah menentukan posisi arah datangnya suara tembakan. Dengan demikian, saya bisa bersiap untuk memilih bersembunyi atau menyerang.

Kesimpulan

Jika kamu lebih sering bermain gim menggunakan konsol dan menginginkan suara yang lebih privat, Razer Kraken X for Console bisa dijadikan salah satu pilihannya. Pasalnya, penggunaan dari headset gaming ini sangat sederhana karena hanya cukup menghubungkannya ke konsol (atau yang lebih tepatnya via kontroler). Suara yang dihasilkannya juga bagus dengan surround yang cukup mumpuni

Desainnya juga memungkinkan kita bermain gim dengan durasi yang lama dengan pengalaman yang nyaman. Meski demikian, kamu juga dapat menghubungkannya ke PC atau ponsel ketika ingin bermain gim di platform yang berbeda. Harga dari Razer Kraken X for Console adalah Rp849.000.

Razer Kraken X for Console

  • Harga terjangkau
  • Nyaman digunakan
  • Mikrofon sensitif

  • Mikrofon tidak bisa dilepas


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.