Telset.id, Jakarta – Samsung memberikan bocoran informasi mengenai inovasi teknologi perusahaan kompetitornya Apple, khususnya terkait tablet atau iPad layar lipat. Disebut Samsung kalau Apple akan meluncurkan tablet layar lipat pada tahun 2024 mendatang.

Dikutip Telset dari Phone Arena pada Sabtu (5/11/2022), Mobile Experience business unit Samsung menduga kalau Apple akan merilis perangkat teknologi yang bisa dilipat. Namun, perangkat yang dimaksud bukan smartphone, melainkan tablet.

Raksasa Cupertino itu sepertinya bakal meluncurkan tablet iPad layar lipat sekitar tahun 2024. Tidak dijelaskan mengapa Samsung begitu yakin Apple akan meluncurkan tablet layar lipat pada tahun 2024.

Namun, perlu diketahui bahwa Samsung sudah lama bekerja sama dengan Apple. Samsung membuat 82% layar AMOLED yang digunakan pada iPhone 14, iPhone 14 Plus dan iPhone 14 Pro. Sedangkan smartphone iPhone 14 Pro Max, menggunakan 100% layar AMOLED buatan Samsung.

BACA JUGA:

Prediksi Samsung ini berbeda dengan pernyataan analis Ming-Chi Kuo, yang kerap memberikan informasi seputar produk Apple. Awalnya Ming-Chi Kuo menyatakan kalau iPhone atau iPad layar lipat bakal rilis tahun 2023.

Kemudian, dirinya meralat pernyataan tersebut dengan menyebut kalau iPad layar lipat akan memiliki layar 9 inci.

Kemudian, perangkat tablet pintar tersebut baru akan diperkenalkan ke publik pada awal tahun 2025 mendatang. Samsung hingga kini belum memberikan tanggapannya mengenai isu iPad lipat.

Sebenarnya, Bukan cuma dari Samsung atau Ming-Chi Kuo saja, yang menghembuskan rumor terkait perangkat layar lipat buatan Apple. Pada awal Oktober lalu CCS Insights menyebut dalam “Predictions for 2023 and Beyond” bahwa Apple akan membawa iPad yang dapat dilipat ke pasar sebelum merilis iPhone foldable.

BACA JUGA:

Tablet baru dengan tampilan fleksibel itu diperkirakan akan berada di kisaran harga super-premium dan beredar di pasaran tahun 2024. Kepala Riset di CCS Insight, Ben Wood, mengatakan, merilis iPhone yang dapat dilipat bisa menjadi langkah berisiko tinggi bagi perusahaan asal Cupertino.

Apple mungkin harus menetapkan harga iPhone yang dapat dilipat sekitar USD 2.500 atau Rp 38 jutaan untuk menjaga stabilitas penjualan iPhone model lain.

Wood menyarankan Apple mungkin mencoba menghindari reaksi dari masalah teknis dengan iPhone yang dapat dilipat. Apple bisa mengadopsi teknologi baru. Lagi-lagi, Apple belum berkomentar mengenai prediksi CCS Insights soal kehadiran iPad foldable pada 2024. [NM/IF]

 

Artikel ini bersumber dari telset.id.