SmartThings Station merupakan smart home hub yang dapat mengotomasi perangkat rumah pintar Samsung, yang sebelumnya telah diatur dan dibuat melalui aplikasi SmartThings.

Samsung turut meramaikan perhelatan CES 2023 dengan menghadirkan dua perangkat baru, SmartThings Station dan Fast Charging Pad. Perusahaan mengungkapkan, pasar smart home terus berkembang sehingga memerlukan cara yang lebih sederhana untuk operasi lintas perangkat.

SmartThings Station merupakan smart home hub yang dapat mengotomasi perangkat rumah pintar Samsung, yang sebelumnya telah diatur dan dibuat melalui aplikasi SmartThings. Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot mengontrol masing-masing perangkat secara manual.

Dengan menekan Smart Button di SmartThings Station, pengguna dapat mengaktifkan rutinitas yang dibuat di aplikasi SmartThings mereka. Misalnya, satu ketukan dapat mengaktifkan rutinitas untuk tidur – mematikan lampu, menutup tirai dan menurunkan suhu. Atau saat meninggalkan rumah, SmartThings Station dapat mematikan stop kontak dan peralatan yang tidak terpakai sehingga lebih menghemat energi.

“Memiliki rumah yang lebih pintar seharusnya tidak rumit atau mahal. Jadi kami ingin membuat SmartThings Station sebagai hub rumah pintar yang sederhana, dapat diandalkan, dan dapat diekspansi,” kata Jaeyeon Jung, Executive Vice President and Head of SmartThings, Device Platform Center, Samsung Electronics.

SmartThings Station juga dilengkapi fitur SmartThings Find untuk membantu pengguna menemukan perangkat yang dicari. Caranya, dengan menekan dua kali Smart Button, kemudian ponsel yang dicari akan berdering. Selain itu, perangkat yang terdaftar juga dapat dilacak dengan SmartThings Station. Mulai dari smartwatch, tablet, earbuds, hingga barang-barang pribadi yang dipasangi SmartTag.

Di sisi lain, SmartThings Station juga berfungsi sebagai Fast Charging Pad. Ini merupakan pengisi daya nirkabel yang dapat mendukung kecepatan isi daya hingga 15W. Perangkat juga memiliki fitur untuk memperingati pengguna ketika pengisian daya telah selesai.

Sejauh ini, laporan hanya menyebutkan SmartThings Station akan diluncurkan di Amerika Serikat dan Korea mulai awal Februari 2023. Perangkat akan hadir dalam dua varian warna, yaitu hitam dan putih. Belum ada informasi lengkap terkait peluncuran di pasar lainnya termasuk Indonesia.


Artikel ini bersumber dari www.tek.id.