Jakarta: Polri selesai menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan. Rakor itu untuk menyamakan persepsi dengan aturan main olahraga, khususnya sepak bola yang tertuang dalam Peraturan Kepolisian (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.
 

“Hari ini baru saja kita selesai rapat koordinasi dengan pihak kepolisian, ada beberapa hal yang harus kita kerjakan dalam beberapa hari ke depan, utamanya adalah Kepolisian bersama dengan PUPR dan Kemenkes akan melakukan verifikasi tentang beberapa tahapan mengenai Perpol 10/2022,” kata Direktur Utama (Dirut) PT LIB Ferry Paulus di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 29 November 2022.
 

Ferry mengatakan sebelum pertandingan dimulai, perlu melalui berbagai tahapan. Seperti verifikasi terkait Perpol Nomor 10 Tahun 2022. Sebab, regulasi itu baru diresmikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perpol itu lahir dari hasil evaluasi kericuhan yang terjadi usai pertandingan Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Jawa Timur, yang menewaskan 135 orang pada Sabtu malam, 1 Oktober 2022.
 
“Sehingga, perlu ada teknis yang kita lakukan kaitannya dengan beberapa hal yang harus dilakukan verifikasi. Kemudian, dari situ baru nanti akan ada kepastian kapan kick off,” ungkap Ferry.


Ferry menyebut pihaknya akan survei ke lapangan mulai hari ini dan seterusnya, untuk memastikan stadion layak digunakan dan lainnya. Setelah itu, LIB akan membentuk tim kick off.
 

Ferry belum dapat memastikan kapan pertandingan Liga 1 dilanjutkan, apakah 2, 3, atau 4 Desember 2022. Sebab, pihaknya masih harus melalui tahapan verifikasi bersama Polri, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
 

“Apalagi ada beberapa stadion yang selama ini belum disurvei pihak PUPR seperti di Sultan Agung dan lainnya. Jadi, tunggu itu ya mungkin dalam beberapa saat ke depan kita akan tahu kapan bisa kick off,” ungkapnya.
 

Kepala Biro Pembinaan Operasi Staf Operasi (Karobinops Sops) Polri Brigjen Roma Hutajulu mengatakan rakor ini untuk menyamakan visi atas Perpol Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Kompetisi Olahraga, salahsatunya sepak bola. Menurut dia, dalam aturan itu ada persyaratan dan segala sesuatu yang harus dipenuhi.
 

Menurut dia, tim teknis Polri bekerja melakukan verifikasi mulai Rabu, 30 November 2022 berdasarkan jadwal-jadwal yang sudah diberikan pihak LIB. Terlepas dari verifikasi, dia berharap ada kerja sama yang baik untuk melakukan penilaian risiko, dan syarat-syarat rekomendasi perizinan yang betul-betul dilaksanakan sesuai prosedur.
 

“SOP sudah ditentukan masing-masing Kementerian PUPR, Kemenkes dan kami juga sudah ada langkah-langkah yang taktis dan teknis untuk menentukan penilaian risiko dan proses perizinan yang cukup ketat,” kata Roma.
 

Kompetisi sepak bola Indonesia masih dihentikan menyusul Tragedi Kanjuruhan. Banyak klub yang mengeluhkan mengenai kelanjutan kompetisi yang belum ada kepastian.
 

PT LIB berencana melanjutkan Liga 1 musim ini pada Jumat, 2 Desember 2022. Bahkan, jadwal laga lanjutan Liga 1 sudah dirilis di laman resmi PT LIB.

 

(AZF)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.