Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta sejumlah wilayah di Indonesia mewaspadai potensi hujan lebat yaitu lebih dari 50 milimeter per hari hingga disertai dengan kilat dan petir pada hari ini Rabu, 18 Januari 2023.
 
Berdasarkan laman resmi BMKG, hujan lebat berpotensi terjadi di Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, dan Lampung.
 

Selain itu, wilayah di Pulau Jawa seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur serta Bali maupun Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur juga berpotensi terjadi hujan lebat.
 
Wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat dan Papua pun tak luput dari perkiraan hujan lebat pada Rabu ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara beberapa daerah tersebut juga berpotensi mengalami angin kencang dengan 45 kilometer per jam seperti Sumatra Barat, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur dan Kalimantan Utara.
 
Tak hanya hujan lebat dan angin kencang, beberapa daerah turut diperkirakan disertai dengan kilat atau petir seperti Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali.
 
Wilayah seperti Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua Barat juga berpotensi mengalami hujan disertai kilat dan petir.
 
Seiring adanya hujan lebat disertai kilat dan petir serta angin kencang, BMKG pun memperkirakan beberapa daerah akan mengalami banjir seperti Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.
 
Daerah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Papua tak luput dari potensi banjir.
 
Meski demikian BMKG memperkirakan cuaca beberapa wilayah di Indonesia dalam rentang waktu pukul 07.00 sampai 10.00 WIB masih akan cerah berawan dengan suhu udara sekitar 18 derajat sampai 27 derajat Celcius sehingga cocok untuk berjemur.
 
Beberapa wilayah yang dimaksud meliputi Banda Aceh yang cerah dengan suhu 22 derajat Celcius, Medan cerah berawan dengan suhu 18 derajat Celcius, Pekanbaru berawan dengan suhu 22 derajat Celcius, Tanjung Pinang berawan dengan suhu 28 derajat Celcius dan Padang cerah berawan dengan suhu 21 derajat Celcius.
 
Kemudian Jambi berawan dengan suhu 23 derajat Celcius, Bengkulu berawan dengan suhu 24 derajat Celcius, Palembang berawan dengan suhu 27 derajat Celcius, Pangkal Pinang cerah berawan dengan suhu 24 derajat Celcius dan Bandung cerah berawan dengan suhu 20 derajat Celcius.
 
Selanjutnya, Semarang berawan dengan suhu 24 derajat Celcius, Yogyakarta berawan dengan suhu 26 derajat Celcius, Surabaya cerah dengan suhu 25 derajat Celcius, Pontianak berawan dengan suhu 24 derajat Celcius, Tanjung Selor berawan dengan suhu 24 derajat Celcius dan Samarinda berawan dengan suhu 24 derajat Celcius.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
 

 
 

(DEN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.