Presiden Jokowi bersama anggota Kabinet Indonesia Maju melakukan topping off stadion indoor multifungsi yang menghabiskan anggaran pembangunan senilai Rp 630 miliar. (Kementerian BUMN)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri topping off atau penyelesaian akhir atap bangunan Indoor Multifunction Stadium (IMS) Gelora Bung Karno (GBK), Jumat (13/01/2023) sore. Bangunan tertutup multifungsi ini adalah fasilitas arena tertutup dengan kapasitas paling besar di Indonesia. 

IMS dapat berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan ajang olahraga hingga festival dalam skala besar. Anggaran yang digelontorkan pemerintah dalam membangun IMS GBK mencapai Rp 630 miliar. 

“Bisa menampung 16.250 penonton dan bisa berfungsi, baik untuk event-event olahraga seperti basket, badminton, futsal, voli, dan juga bisa dipakai untuk festival budaya dan seni pertunjukan, serta konser-konser musik dengan kapasitas yang sangat besar,” ujar Presiden Jokowi usai melakukan kunjungan.

Presiden mengungkapkan, IMS GBK yang dibangun sejak bulan April 2021 ini memiliki luasan bangunan sebesar 50.300 meter persegi. Pembangunan arena ini menggunakan anggaran sebesar Rp 630 miliar.

Lebih lanjut Presiden menyatakan bahwa Jakarta akan terus dibangun serta dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas setara kota-kota besar di dunia. “Kita akan terus membangun Jakarta dan melengkapi agar Jakarta memiliki fasilitas-fasilitas yang setara dengan kota-kota lain, yang ada di dunia,” ujar Presiden.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam laporannya mengatakan bahwa IMS dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Konsep bangunan dengan mengusung teknologi hijau atau green building serta menggunakan sistem kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). 

“Di sini juga pertama kali Bapak Menteri PUPR membangun dengan sistem 7D. Jadi benar-benar ini dibangun secara komputer, AI,” kata Erick.

Erick menambahkan, IMS GBK akan menjadi tempat pertandingan gelaran pertandingan bola basket dunia FIBA World Cup 2023 yang diorganisir oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Pengurus Besar Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PB Perbasi). Di mana Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023 bersama Filipina dan Jepang. Piala Dunia basket itu akan dihelat pada 25 Agustus – 10 September 2023.

FIBA mensyaratkan negara yang terpilih sebagai tuan rumah harus memiliki venue berkapasitas minimal 8.000 orang. Sementara Indonesia sebelumnya hanya punya Istora Gelora Bung Karno berkapasitas 7.500 orang. Stadion indoor multifungsi di GBK ini adalah stadion tertutup terbesar di Indonesia yang dapat menampung 16.250 penonton.


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.