SURYA.co.id | SURABAYA – Surabaya dan Malang dipercaya menjadi tempat penyelengaraaan Livin Mandiri Indonesia 3×3 Tournament Bola Basket usia 18-23 tahun pada 21 dan 23 Oktober 2022.

Di Malang akan menjadi pelaksana dari City Selection. Dilaksanakan di Champions Tidar pada 21 Oktober nanti. Di Surabaya, digelar 23 Oktober di Next Gen Sport Academy.

Sebanyak 64 tim terbaik dari kedua kota ini akan diadu kembali ke partai final untuk menjadi yang terbaik di Jawa Timur.

“Turnamen ini terlaksana berkat kerja sama PT Supersport Sensation International dengan PP PERBASI dan Bank Mandiri. Tujuannya, memfasilitasi pebasket muda di kategori 3×3 untuk mengembangkan bakatnya menjadi pemain nasional,” ucap Direktur SSS International Azwan Karim, Selasa (18/10/2022).

“Tujuan dari event ini, yakni memfasilitasi pebasket muda di kategori 3×3 untuk mengembangkan bakatnya menjadi pemain nasional,” sambung Azwan Karim.

Tim terbaik dari dua city selection akan diadu kembali dalam balutan province final. Surabaya kembali mendapat kehormatan menggelar province final pada 29-30 Oktober 2022.

Usai dari Jatim Series, perjalanan berlanjut ke National Series. Tiga tim terbaik dari masing-masing kategori di setiap provinsi berhak ke Jakarta untuk bersaing di National Series pada 26-27 November 2022

“Nilai plus dari ajang ini adalah, setiap pemain terdaftar di FIBA 3X3 Play. Jadi, melalui turnamen ini pebasket yang akan memilih jalur 3×3 tinggal melanjutkan saja. Ini sebagaimana misi di awal bahwa kami ingin membantu pengembangan basket 3×3 tanah air,” jelas Azwan

Dia mengatakan, sejak bergulir seri DKI Jakarta pada 17 Maret 2022 lalu, turnamen ini secara keseluruhan sudah melibatkan lebih dari 700 tim dan hampir 3.000 peserta.

Semua peserta saling beradu kekuatan untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya di setiap pertandingan.

“Sejauh ini kompetisi sangat berkualitas tinggi dan kami yakin turnamen di Jawa Timur akan menyajikan pertandingan-pertandingan yang tidak kalah menarik dari seri-seri sebelumnya,” ucap Sekjen PSSI di era kepemimpinan La Nyala Mattalitti ini.

Tournament Project Director, Chaerul Anwar Azis menambahkan, turnamen bola basket 3×3 Livin Mandiri Indonesia ini memberikan peluang bagi para generasi muda untuk mengasah bakatnya.

Sebab, pebasket 3×3 memiliki jalur sendiri dalam menentukan masa depannya.

Apalagi materi pemain basket 3×3 tidak bergantung pada basket 5×5.

Turnamen ini diharapkan juga sebagai ajang bagi para pebasket muda agar bisa dilirik dan menjadi bagian Timnas Bola Basket Indonesia.

“Dengan banyak pebasket muda yang tercatat di bank data, akan memudahkan Perbasi dalam memilih pemain untuk Timnas Basket 3×3. Karena itu, saat National Series di Jakarta nanti akan dihadirkan talent scouting untuk melihat kemampuan para pemain,” tandasnya. (Rifky Edgar)


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.