Pascapandemi Indonesia masih menghadapi tantangan ekonomi dan ancaman resesi akibat krisis global. Di saat seperti ini, peran merek asli Indonesia diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan menggerakkan roda ekonomi di Indonesia.

Melalui Indonesia Orginal Brand Awards (IOB) 2022, SWA Media Group dan Business Digest kembali memberikan penghargaan kepada merek-merek asli Indonesia yang menunjukkan kinerja terbaik di tengah kondisi ekonomi yang semakin menantang. Program IOB ini dilakukan untuk mendorong merek-merek asli Indonesia agar terus berkembang dan meningkatkan daya saing baik di dalam negeri maupun pasar global.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan survei yang dilakukan lebih dari 5.000 responden yang tersebar di 6 kota besar di Indonesia yaitu Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar dengan 109 kategori produk. Usia responden minimal 21-40 tahun dengan minimal pendidikan SLTA. Adapun metode survei dilakukan dengan wawancara tatap muka kepada pengguna merek yang pernah digunakan, dengan empat parameter yakni tingkat kepuasan, tingkat loyalitas, advokasi dan memiliki daya saing terhadap merek asing.

Dari hasil survei tersebut, bisa dilihat Index IOB meningkat selama lima tahun terakhir. Pada tahun 2017, Index IOB sebesar 7,26 kemudian meningkat menjadi 8,23 di tahun 2022. Selain itu, SWA & Business Digest juga melakukan pemeringkatan dari hasil survei itu dengan predikat Excellent, Very Good dan Good.

Berikut beberapa penerima penghargaan berpredikat Excellent : Garda Oto, Madu TJ, FreshCare, Emco, Campina, Indocafe Coffeemix, LM Antam, Untung Bersama Sejahtera (UBS), Mandiri E-Money, Rumah Zakat, Fatigon, Fatigon Spirit, Bank Syariah Indonesia (BSI), dan Imboost. Predikat Very Good antara lain Hotin Cream, GT Radial, Finna, Prodia, Ladaku, Evalube, BAZNAS RI, Federal Oil, dan OBH Combi. Sementara penerima penghargaan dengan predikat Good antara lain Solaria, Kopi Kenangan, dan Mixagrib.

Acara puncak penghargaan ‘Indonesia Orginal Brand Awards 2022‘, dimulai dengan webinar yang bertemakan ‘Strategi Berjaya di Negeri Sendiri dan Sukses di Mancanegara’. Acara ini menghadirkan pembicara-pembicara diantaranya Thomas Wahyudi, Senior Vice President Transaction Banking Retail Sales PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Kemudian dilanjutkan oleh Yomie Harlin, Commercial Director PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (Evalube Lubricants), Ir. H. Muhamad Nadzaratuzzaman Hosen, M.S., M.Ec., Ph.D, Pimpinan BAZNAS RI dan Indriyanti Rafi Sukmawati, Business & Marketing Director PT Prodia Widyahusada Tbk. Dalam kesempatan tersebut, para pembicara berbagi pengalaman dalam mengembangkan mereknya untuk memenangkan persaingan.

Kemal E. Gani, Group Chief Editor SWA Media menyampaikan apresiasinya kepada pemenang Indonesia Orginal Brand Awards 2022. Dia berharap pemberian penghargaan ini bisa mendorong merek asli Indonesia untuk melakukan pengembangan strategi pemasaran, agar produknya tetap relevan. “Harapannya, merek asli Indonesia ini, bisa menjadi raja di negeri sendiri dan saatnya merambah ke negara-negara lain dengan memberi nilai tambah kepada konsumen di negeri lain,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


Artikel ini bersumber dari swa.co.id.