Merdeka.com – Siapapun pasti menginginkan berat badan yang normal dan ideal. Selain bagus bagi kesehatan, memiliki berat badan yang nggak berlebihan pun bisa banget untuk menunjang penampilan diri sendiri. Sayangnya, sebagian orang sering kali menerapkan berbagai kebiasaan buruk yang mampu memicu kenaikan berat badan dengan cepat.

Sadar ataupun tidak, beberapa hal ini kerap kali menjadi faktor utama mengapa berat tubuh tidak mengalami penurunan dan malah melesat naik. Mulai dari pola hidup buruk yang dijalani, hingga kesadaran diri yang kurang untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan fit. Lalu, apa saja kebiasaan buruk yang menjadi alasan naiknya berat badan dengan cepat? Berikut penjelasannya.

1. Makan Terlalu Cepat

©Shutterstock

Siapa yang menyangka jika mengonsumsi berbagai hidangan dengan terlalu cepat bisa membuat berat badan bertambah. Yup, ketika kamu makan dengan tergesa-gesa, biasanya sajian yang disantap bisa lebih banyak dan berkali lipat dari porsi normal. Bahkan, menurut sejumlah studi, orang-orang yang mengalami obesitas umumnya mengunyah makanan dengan lebih cepat daripada orang normal.

Ketika menerapkan kebiasan buruk yang satu ini, makanan yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan penumpukan kalori dan membuat berat badan secara berkala naik di angka tertentu. Oleh karena itu, upayakan untuk tidak makan terburu-buru dan nikmati saja makanan yang ada dengan lebih santai.

2. Jarang Beristirahat

terkuak ternyata 3 kebiasaan buruk ini bisa bikin berat badan cepat naik

©Shutterstock

Tubuh sangat perlu diistirahatkan ketika sudah mulai lelah dan kurang bertenaga. Sayangnya, tak banyak orang segera melakukan hal ini dan terus beraktivitas serta bekerja secara berlebihan. Padahal, kurangnya waktu tidur yang dialami seseorang dapat memicu perubahan hormonal, sehingga tubuh jadi merasa malas dan jarang berolahraga.

Selain itu, jarangnya beristirahat ini pun bisa menyebabkan lemak menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan kenaikan berat badan sebagai efek buruknya. Oleh karena itu, usahakan untuk meluangkan waktu untuk beristirahat selama minimal tujuh jam sehari.

3. Kurang Minum Air Mineral

terkuak ternyata 3 kebiasaan buruk ini bisa bikin berat badan cepat naik

©Shutterstock

Kegemukan yang dialami seseorang ternyata bisa disebabkan oleh kadar mineral yang kurang di dalam tubuh. Diketahui bahwa air ini memiliki ragam manfaat yang baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain bisa memenuhi hidrasi tubuhmu, mengkonsumsi air mineral dengan jumlah yang tepat juga akan membuat kulit menjadi lembab, menjaga kesehatan jantung, serta mengatasi permasalahan pencernaan seperti sembelit.

Nah, jika kamu ingin mengonsumsi air mineral, pastikan untuk pilih yang punya kandungan mineral essensial agar bisa mendapatkan berbagai manfaat yang luar biasa. Karena selain bagus bagi kesehatan, berat badan pun bisa lebih terkontrol jika sering meminum air mineral seperti ini.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang ternyata bisa membuat berat badan cepat naik. Semoga setelah mengetahui beberapa hal di atas, kamu bisa mengubah pola hidup yang lebih sehat mulai dari sekarang.


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.