Command Center ITDC terkoneksi dengan Command Center Polda Bali sehingga masing-masing operator dapat memonitor lokasi-lokasi yang menjadi tempat kegiatan, pengamanan dan pengawalan
pergerakan kendaraan serta pengamanan jalur atau rute yang dilalui

Badung (ANTARA) – Kawasan The Nusa Dua di Kabupaten Badung, Bali siap menyambut tamu negara dan delegasi yang hadir dalam penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November mendatang.

“Kami telah melakukan beberapa penataan di kawasan antara lain pengecatan signage-signage, penambahan pemasangan lampu di beberapa titik di dalam kawasan, penataan taman di area main gate serta pembersihan CCTV kawasan secara rutin,” ujar General Manager The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita, Sabtu.

Ia mengatakan sebagai kawasan dengan sistem keamanan dan keselamatan yang telah teruji dalam menyelenggarakan berbagai kegiatan berskala internasional, The Nusa Dua memiliki fasilitas keamanan

yang beroperasi 24 jam terdiri dari petugas keamanan dengan 93 personil

Selain itu kawasan tersebut juga dilengkapi dengan dua unit fire brigade dengan 23 personil, CCTV sebanyak 143 unit yang tersebar di 39 titik kawasan The Nusa Dua, tiga pos Balawista di beach front hotel, security check pada tiga pintu masuk kawasan dan pos komando

di Command Center.

Ngurah Ardita menjelaskan Command Center ITDC merupakan posko terpadu, pusat pengendalian, pemantauan dan pengawasan dalam pelaksanaannya bersinergi dengan TNI, BPBD, dinas perhubungan dan instansi terkait lainnya dalam rangka mendukung pelaksanaan pengamanan kegiatan.

Command Center itu dilengkapi dengan CCTV terintegrasi, TV Monitor, Radio Komunikasi terintegrasi, link sistem informasi dengan BMKG dan BNPB (Alert System Tsunami, Gempa Bumi dan cuaca ekstrem) serta unit Fire Brigade dan patroli Kawasan.

“Command Center ITDC terkoneksi dengan Command Center Polda Bali sehingga masing-masing operator dapat memonitor lokasi-lokasi yang menjadi tempat kegiatan, pengamanan dan pengawalan

pergerakan kendaraan serta pengamanan jalur atau rute yang dilalui,” kata dia.

Selain itu ITDC juga terus melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait, diantaranya PT PLN (Persero) terkait dengan penyiapan infrastruktur untuk Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Di kawasan tersebut telah terdapat dimana ditempatkan 18 shelter dengan 36 unit Ultra Fast Charging (UFC) dan dua unit tambahan UFC Mobile. Shelter SPKLU itu nantinya akan menjadi lokasi pengisian daya untuk mobil listrik yang akan digunakan saat KTT G20.

‘Mulai 1 November lalu kendaraan-kendaraan listrik yang akan digunakan kepala negara dan delegasi telah tiba serta ditempatkan di Central Parkir ITDC,” ungkap Ngurah Ardita.

Fasilitas lainnya yang telah disiapkan bagi delegasi di kawasan The Nusa Dua diantaranya adalah museum, theatre (Devdan Show), shopping center, golf, Water Blow Peninsula The Nusa Dua, Pulau Nusa Dharma.

“The Nusa Dua saat ini juga memiliki panggung pertunjukan seni dan budaya di Pulau Peninsula sebagai fasilitas baru kawasan,” ujar dia.

Baca juga: Delapan hotel di The Nusa Dua siap sambut delegasi KTT G20

Baca juga: ITDC Utilitas kembangkan zona hijau energi di Bali jelang KTT G20

Baca juga: Penyelenggaraan WCCJ tunjukkan kesiapan The Nusa Dua jelang KTT G20

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.