Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia melakukan diskusi dengan pengurus BUMDes Desa Wanagiri, Kabupaten Buleleng, Bali, Jumat (28/10/2022). Foto: Dok. Tim Pengmas UI

GenPI.co – Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Universitas Indonesia (UI) mendampingi warga Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali, dalam mengelola kopi ramah lingkungan.

Pengelolaan ramah lingkungan tak hanya berupa kemasan, tetapi juga bagaimana mengolah limbah produksi kopi dengan lebih baik.

Pendampingan dilakukan di Balai BUMDes Eka Giri Karya Utama, Desa Wanagiri, pada Sabtu (29/10/2022). Kegiatan tersebut dihadiri Ketua BUMDes I Made Darsana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng I Gede Melandra, dan sejumlah masyakarat dan perangkat desa.

BACA JUGA:  Unggul di 3 Bidang Ilmu, UI Jadi Universitas Terbaik di Indonesia

Ketua BUMDes I Made Darsana mengatakan bahwa Desa Wanagiri memiliki letak geografis yang cukup tinggi, yaitu 900-1.300 mdpl. Desa Wanagiri memiliki hasil produksi di bidang pertanian, perkebunan, dan pariwisata.

I Made mengungkapkan bahwa pemahaman masyarakat perihal pengolahan kopi ramah lingkungan bisa mendorong kegiatan ekonomi warga desa.

BACA JUGA:  Mahasiswa UNY Ciptakan Kopi dari Biji Pepaya, Bisa untuk Herbal

Dengan adanya pemahaman tersebut, warga desa tak hanya menjual olahan biji kopi saja dari pertanian kopi, tetapi juga edukasi dan cerita perihal kegiatan para petani kopi.

“Dengan sinergi masyarakat, mahasiswa, dan pemerintah ini bisa menjamin pasar untuk petani kopi. Saya yakin petani kopi Desa Wanagiri secara umum sudah mengetahui prinsip dasar pengelolaan kopi ramah lingkungan. Sebab, mereka sudah memiliki model pemanenan dan pengolahan pascapanen yang berstandar kualitas ekspor,” katanya di Desa Wanagiri, Bali, Sabtu (28/10/2022).

BACA JUGA:  Pariwisata Berperan Penting Wujudkan Ekonomi Hijau, Kata Sandiaga

Lebih lanjut, I Made pun menyampaikan rasa terima kasih kepada Tim Pengmas UI yang telah memilih Desa Wanagiri sebagai lokasi pengabdian masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.