Merdeka.com – Toyota Indonesia memberikan kejutan besar pada hari ini, Senin (21/11).

Ya, PT Toyota-Astra Motor (TAM) akan meluncurkan secara global kendaraan elektrifikasi terbarunya.

Kendaraan elektrifikasi anyar tersebut adalah New Toyota Kijang Innova Hybrid. Menambah panjang deret model hybrid yang dipasarkan TAM: C-HR, Camry, Corolla Altis, dan Corolla Cross.

Peluncuran ini istimewa, sebab varian Kijang Innova hybrid hadir saat mobil keluarga ini berulang tahun ke-45 yang jatuh Juni lalu.

Menariknya, Kijang Innova Hybrid juga diproduksi di pabrik Toyota Karawang, Jawa Barat.

Namun, mampukah New Kijang Innova Hybrid mengikuti jejak varian mesin konvensional (ICE) yang legendaris sekaligus mencetak sejarah baru di pasar otomotif Indonesia?

Menurut TAM, sejak dipasarkan pada Juni 1977, Kijang (generasi pertama) hingga menjadi Kijang Innova (generasi kelima) telah terjual lebih dari 2 juta unit.

Volume itu semakin melekatkan predikatnya sebagai legenda kendaraan keluarga di Tanah Air.

Prestasi ini tak lepas dari kelahiran Toyota Kijang sebagai perintis mobil multipurpose vehicle (MPV) di Indonesia. Mobil karya anak bangsa meski desain awalnya berkonsep Basic Utility Vehicle (BUV).

Susumu Matsuda, Presiden Direktur TAM, pernah mengatakan Toyota Kijang adalah bagian penting dari 50 tahun perjalanan Toyota di Indonesia. Kijang menjadi cermin semangat Toyota dalam mewujudkan Mobility Happiness forAll dengan menghadirkan ever-better cars yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dari masa ke masa.

“Berawal dari kendaraan niaga, berkembang menjadi kendaraan keluarga, hingga menjadi MPV premium, kini Toyota Kijang menjadi ikon otomotif Indonesia yang mendunia bermodalkan kualitas berstandar global,” ujar Matsuda-san, beberapa waktu lalu.

Vice President Director TAM Henry Tanoto menambahkan, selama 45 tahun, sebagai karya anak bangsa, Toyota Kijang berhasil tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. Dengan total penjualan lebih 2 juta unit, Toyota Kijang membuktikan diri sebagai model multi-era yang dapat diterima keluarga Indonesia berkat kemampuan memahami kebutuhan pasar, serta beradaptasi dengan perubahan trend dan teknologi.

“Ke depan, kami terus menghadirkan Toyota Kijang supaya dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang mengutamakan citarasa premium dan eksklusif sebuah MPV keluarga, serta dilengkapi inovasi teknologi yang advance dan ramah lingkungan,” kata Henry.

Seperti apa detail spesifikasi dan fitur-fitur New Toyota Kijang Innova hybrid, mari kita tunggu siang ini!

[sya]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.