Jakarta: Qatar menjadi tim yang pertama kalah dalam ajang Piala Dunia 2022. Tampil sebagai tuan rumah setelah upacara pembukaan yang mewah di Stadion Al Bayt, Minggu 20 November malam WIB, saat itu Qatar takluk dari Ekuador yang tampil dominan dengan skor 0-2. 
 
Qatar yang juga berstatus sebagai juara Asia sudah mendapat dukungan penuh dari para suporternya yang sebagian besar memadati stadion berkapasitas 60.000 orang. Tapi, mereka tetap tak bisa membalas dua gol penentu kemenangan Ekuador yang dicetak oleh Enner Valencia.  
 
Ekuador nyaris mencetak gol cepat ketika Valencia menanduk umpan akrobatik salah satu rekannya ke gawang Qatar yang dijaga kiper Saad Al Sheeb pada menit ke-3. Tapi, gol itu dianulir wasit lantaran VAR menunjukkan posisi Valencia sudah terperangkap offside.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Valencia baru benar-benar membawa Ekuador unggul lewat tendangan penalti pada menit ke-16 karena dia sempat dijatuhkan kiper Al Sheeb di kotak terlarang. Setelah itu, Valencia menggandakan keunggulan Ekuador seusai menanduk umpan silang Angelo Preciado pada menit ke-31.
 
Permainan Qatar sedikit membaik pada babak kedua, tapi mereka tetap kesulitan untuk menciptakan peluang. Ekuador sendiri gagal memperbesar keunggulan pada waktu yang tersisa dan tidak diperkuat lagi oleh Valencia yang digantikan oleh Jose Cifuentes sejak menit ke-77 karena tampak cedera.
 
Selanjutnya, tim asuhan Felix Sanchez butuh hasil positif dalam laga kedua Grup A melawan Senegal pada Jumat 25 November mendatang. Sementara itu, Qatar wajib mencegah Senegal meraih kemenangan pada laga kedua agar mereka tidak mengikuti jejak Afrika Selatan yang langsung tersingkir pada fase grup ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010.
 
Padahal dalam 92 tahun sejarah Piala Dunia bergulir, tuan rumah tak terkalahkan dalam laga pembuka, dengan rincian 16 laga berakhir dengan kemenangan, sedangkan enam lainnya imbang. (AFP/ANT)
 
Susunan Pemain
 
Qatar: Al Sheeb, Khoukhi, Hassan, Pedro Miguel, Al Rawi, Homam Ahmed, Hatem, Boudiaf, Al Haydos (Waad 71′), Almoez Ali (Muntari 72′), Afif.
 
Ekuador: Galindez, Estupinan, Torres, Preciado, Hincapie, Ibarra (Sarmiento 68′), Mendez, Plata, Caicedo (Franco 90′), Valencia (Cifuentes 77′), Estrada.
 

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 

 

(KAH)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.