Tunjangan Guru ASN dan Honorer Akan Ditingkatkan, Kata Nadiem Makarim – Foto: Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Tangkapan layar acara Kick-Off G20 on Education and Culture, Rabu (9/2)).

GenPI.co – Mendikbudristek Nadiem Makarim berjanji akan meningkatkan tunjangan guru aparatur sipil negara (ASN) dan honorer.

Nadiem Makarim juga memastikan guru ASN, baik PNS maupun PPPK, tak perlu menunggu setifikasi untuk mendapatkan tunjangan.

Menurut Nadiem, Guru ASN, baik PNS dan PPPK yang belum beserdik tetap akan diberikan tunjangan sesuai aturan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN.

BACA JUGA:  3 Kelompok Honorer Ini yang Tak Akan Jadi ASN, Kenapa?

Hal itu sesuai dengan ketentuan di dalam RUU Sisdiknas yang diklaim Nadiem sudah berpihak kepada guru, karena mengatur peningkatan kesejahteraan bagi pendidik

“Yang belum beserdik akan mendapatkan peningkatan tunjangan tanpa harus menunggu lama mengikuti pendidikan profesi guru (PPG),” terang Mas Nadiem dalam rapat kerja Komisi X DPR RI, Selasa (30/8).

BACA JUGA:  Pendataan Honorer Tak Akomodasi Sopir dan Satpam, Ini Alasannya

Nadiem menegaskan kewajiban PPG hanya untuk guru baru, sedangkan pendidik yang sudah bekerja tidak perlu menggunakan serdik untuk mendapatkan peningkatan kesejahteraan.

“PPG diputihkan untuk guru ASN yang belum beserdik. Mereka bisa mendapatkan peningkatan tunjangan sebagaimana diatur dalam UU ASN,” tegasnya.

BACA JUGA:  Lihat, Pak Nadiem! Akan Banyak Guru Lulus PG PPPK 2021 Menangis

Lebih lanjut, Nadiem menuturkan pemerintah juga terus terus berupaya memberikan penghasilan yang layak kepada semua guru melalui perubahan mekanisme pemberian tunjangan yang diusulkan dalam Rancangan Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional (RUU Sisdiknas).


Artikel ini sudah tayang di JPNN.com dengan judul: Mas Nadiem: PPG untuk Guru ASN & Honorer Diputihkan, Tunjangan Ditingkatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Artikel ini bersumber dari www.genpi.co.