Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengucapkan selamat kepada Haedar Nashir yang kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah masa jabatan 2022-2027.

“Saya ucapkan selamat kepada Ketua Umum yang terpilih dari Muktamar Ke-48. Selamat Pak Haedar,” kata Wapres Ma’ruf di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah pada Minggu.

Haedar Nashir sebelumnya menduduki jabatan yang sama pada periode 2015-2020. Ia kembali terpilih untuk memimpin Muhammadiyah selama lima tahun ke depan berdasarkan keputusan sidang pleno VIII Muktamar pada Minggu siang, sedangkan untuk jabatan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah juga kembali dijabat oleh Abdul Mu’ti.

“Semoga hasil Muktamar semakin menguatkan kebersamaan kita dalam mewujudkan kemajuan bagi umat Islam dan negara Indonesia,” ucap Wapres.

Baca juga: Pemuda Muhammadiyah apresiasi kehadiran Jokowi pada pembukaan muktamar

Baca juga: PBNU ucapkan selamat kepada Ketum-Sekum PP Muhammadiyah terpilih

Saat menutup sambutannya, Wapres Ma’ruf pun mengucapkan salam yang biasa disampaikan Muhammadiyah maupun Nahdlatul Ulama.

Nashrun minallahi wa fathun qorib Wa bassyiril mu’minin (salam penutup khas Muhammadiyah), Wallahul muwaffiq ila aqwamit-tharieq (salam penutup khas NU).

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,” ujar Wapres dan disambut dengan tawa para peserta Muktamar.

Dalam sambutannya, Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan Muhammadiyah ditunjuk untuk memajukan Indonesia seperti tampak dalam tema Muktamar Ke-48 yaitu “Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta”.

“Membangun keadaban bangsa melekat dalam jiwa, alam pikiran dan tindakan pergerakan kita. Bung Karno mengatakan ‘Makin lama saya makin cinta Muhammadiyah’, Pak Harto dalam Muktamar Ke-37 menyatakan ‘Siapa tak kenal Muhammadiyah’, Pak Jokowi menyampaikan ‘Muhammadiyah tidak kenal lelah membangun berkiprah untuk bangsa dan berkontribusi untuk negeri,” tutur Haedar.

Baca juga: Haedar Nashir ditetapkan Ketum PP Muhammadiyah periode 2022-2027

Hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dan Ibu Halimah Zainut Tauhid, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Ibu Siti Atiqoh Ganjar Pranowo, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, Ketua Umum PP Muhammadiyah periode 2022-2027 Haedar Nashir, dan Ketua Umum PP Aisyiyah periode 2022-2027 Salamah Orbayinah.

Sedangkan Wapres Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wapres Suprayoga Hadi serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Masykuri Abdillah dan M. Imam Azis.

Pewarta: Desca Lidya Natalia
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Artikel ini bersumber dari www.antaranews.com.