Bagi pengguna mobil diesel, keluarganya asap hitam dari knalpot bisa menjadi tanda adanya masalah pada mesin. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mesin diesel keluar asap hitam tebal.

Pada mobil diesel jadul, muncul asap dari knalpot memang sudah biasa. Sebab, mesin diesel pada mobil jadul belum secanggih sekarang.

Tapi, untuk mobil diesel masa kini, seharusnya sudah tidak ada lagi asap hitam yang dikeluarkan melalui knalpot. Sebab, mesin diesel pada mobil baru biasanya sudah menggunakan sistem common rail.

Penyebab mesin diesel keluar asap hitam tebal 

Apabila mobil diesel yang kamu miliki bukan mobil diesel jadul, tapi masih mengeluarkan asap hitam tebal dari knalpot, maka sebaiknya kamu mewaspadai hal tersebut.

Berikut ini beberapa faktor penyebab mesin diesel keluar asap hitam tebal yang perlu diantisipasi bagi pemilik mobil diesel.

1. Masalah pada diesel common rail

Common rail adalah sistem injeksi dan bahan bakar pada mobil diesel. Komponen ini bekerja dengan memberikan tekanan pada bahan bakar guna menyalurkan bahan bakar ke silinder-silinder mesin.

Ketika komponen common rail mengalami kerusakan, maka proses distribusi bahan bakar akan terganggu. Akibatnya, akan muncul asap hitam tebal yang terlihat keluar dari knalpot mobil.

2. Jarang mengganti filter udara

Filter udara pada mesin mobil berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran agar tidak masuk dan menumpuk di dalam mesin diesel.

Pada dasarnya, filter udara harus diganti secara rutin. Jika tidak, maka akan terjadi penumpukan debu dan kotoran pada filter, sehingga kemampuan untuk menyaring udara menjadi tidak maksimal.

Akibatnya, mesin diesel jadi harus bekerja lebih keras dan kinerjanya juga terhambat oleh debu dan kotoran. Inilah yang menjadi salah satu penyebab asap hitam pada mesin diesel.

3. Terlalu banyak sulfur yang masuk ke ruang bakar

Sulfur adalah residu dari bahan bakar diesel. Residu ini berbentuk padat dan ketika terbakar akan menghasilkan asap hitam.

Sulfur akan difilter atau disaring oleh filter udara agar tidak ikut masuk ke ruang bakar. Hanya saja, terkadang memang akan ada sedikit sulfur yang ikut terbawa. Ini sangat wajar dan akan menghasilkan sedikit asap.

Tapi, kalau asap yang dihasilkan sudah sangat hitam dan tebal, artinya sulfur yang ikut masuk ke ruang bakar sudah terlalu banyak. Ini bisa terjadi apabila kamu menggunakan bahan bakar diesel berkualitas rendah.

Cara menghilangkan asap tebal pada mobil diesel 

Untuk bisa menghilangkan asap hitam pada mesin diesel, kamu perlu mengetahui dulu apa yang menjadi penyebab munculnya asap tersebut. Nantinya, penanganan bisa disesuaikan dengan penyebabnya.

Secara garis besar, ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara menghilangkan asap tebal pada mobil diesel. Simak cara-caranya berikut ini.

1. Mengecek pompa injeksi

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek pompa injeksi. Perhatikan apakah komponen tersebut masih berfungsi dengan baik dan bersih dari kotoran atau debu.

Sebab, munculnya asap hitam dari knalpot mobil diesel terkadang juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada salah satu komponen common rail, seperti pompa injeksi.

Apabila kamu tidak yakin bisa mengetahui tanda kerusakan hanya dengan melihat kondisi pompa injeksi, maka cobalah untuk meminta bantuan dari teknisi bengkel yang sudah lebih ahli.

2. Mengganti filter udara

Filter udara pada mesin diesel berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran agar tidak masuk ke ruang pembakaran. Sulfur atau residu dari bahan bakar diesel juga akan ikut tersaring oleh komponen ini.

Seiring berjalannya waktu, filter udara akan mengalami penurunan kinerja. Sebab, filter udara yang sudah dipakai dalam jangka waktu lama lebih rentan mengalami penumpukan debu dan kotoran.

Akibatnya, debu dan kotoran baru tidak lagi bisa disaring dengan maksimal, sehingga ikut masuk ke ruang pembakaran dan membuat kinerja pembakaran bahan bakar diesel terganggu.

Oleh sebab itu, apabila masalah yang dialami disebabkan oleh kondisi filter udara yang sudah menurun, sebaiknya segera menggantinya dengan filter udara yang baru.

3. Ganti bahan bakar diesel yang digunakan

Dalam beberapa kasus, pemakaian bahan bakar diesel yang kurang berkualitas bisa menjadi penyebab mesin diesel keluar asap hitam tebal. Jika demikian, solusi utamanya adalah mengganti dengan bahan bakar yang lebih terjamin.

Pastikan kamu melakukan pengisian bahan bakar di tempat yang aman dan legal. Selain itu, pilihlah bahan bakar yang memang terkenal baik, meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Jangan mudah tergoda untuk mengisi bahan bakar dengan bahan bakar yang terlewat murah, namun kualitasnya masih diragukan. 

Sebab, hal ini bisa merusak kondisi mesin dan menyebabkan knalpot mobilmu mengeluarkan asap hitam dan tebal.

Tune up untuk mencegah kerusakan mobil diesel

Meskipun mobil diesel milikmu tidak mengeluarkan asap dan tidak menunjukkan adanya tanda masalah, sebaiknya tetap bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan servis rutin.

Salah satu jenis servis yang bisa diberikan untuk mencegah kerusakan pada ruang pembakaran mesin adalah tune up. Servis tune up pada mobil diesel biasanya dilakukan dengan langkah berikut.

1. Membersihkan throttle body

Throttle body adalah komponen dari mesin diesel yang berfungsi untuk mengontrol berapa banyak jumlah udara yang masuk ke ruang pembakaran mesin. 

Ketika servis tune up dilakukan, teknisi akan membersihkan throttle body supaya komponen tersebut tetap bisa mengontrol masuknya udara ke mesin dengan baik. 

2. Membersihkan nozzle

Selain throttle body, teknisi juga akan melakukan pembersihan nozzle, yaitu komponen yang menjadi perantara untuk mengantarkan bahan bakar ke silinder mesin.

Mengapa nozzle perlu dibersihkan? Sebab, endapan kotoran pada nozzle akan menghambat aliran bahan bakar ke silinder mesin dan mengganggu kinerja mesin.

3. Membersihkan saluran intake

Langkah selanjutnya adalah membersihkan saluran intake. Saluran ini dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih khusus atau cairan diesel intake cleaner.

Tujuan dibersihkannya saluran intake tak jauh berbeda dengan pembersihan nozzle, yaitu mencegah penumpukan debu, kotorna, dan residu pada saluran tersebut.

4. Membersihkan katup dan pipa EGR

Katup dan pipa EGR merupakan komponen pada mesin yang bekerja dengan mengurangi emisi gas buang. Caranya dengan mengembalikan emisi gas kembali ke ruang pembakaran bahan bakar diesel.

Apabila katup dan pipa EGR tidak rutin dibersihkan, maka penumpukan debu akan membuat emisi gas buang sulit untuk dikembalikan ke ruang pembakaran. 

Akibatnya, maka asap knalpot mobil diesel menjadi sangat hitam dan tebal. Itulah mengapa kedua komponen ini juga perlu dibersihkan dalam rangkaian servis tune up.

5. Mengganti filter udara jika diperlukan

Pada langkah terakhir proses tune up, teknisi akan mengecek kondisi filter udara. Jika masih baik, maka filter tidak perlu diganti. Tapi, kalau sudah buruk, maka filter tersebut perlu diganti dengan yang baru.

Tips dari Lifepal! Perlu diingat, filter udara memang perlu diganti secara rutin. Sebisa mungkin, lakukan penggantian filter udara sebelum filter tersebut rusak total.

Sebab, jika sudah rusak total, maka kamu perlu mengeluarkan biaya perbaikan yang lebih besar, khususnya jika kerusakan sampai merambat ke komponen mesin lainnya.

Lindungi mobil kesayanganmu dengan asuransi mobil terbaik 

Selain rutin melakukan servis agar kendaraan tetap prima, penting juga buat kamu untuk memberikan proteksi asuransi mobil terbaik. Asuransi mobil memberikan perlindungan finansial dari risiko kecelakaan maupun bencana alam yang membuat mobil kamu rusak dan harus dibawa ke bengkel. 

Kalau punya asuransi,  kamu tidak perlu lagi khawatir soal biaya perbaikan di bengkel yang mahal karena akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. 

Sudah paham mengenai manfaat asuransi mobil namun bingung harus memilih asuransi mobil yang mana? Kuis Asuransi Mobil dari Lifepal ini bisa membantu kamu menemukan jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Cobain, yuk! 

Setelah mendapatkan rekomendasi jenis asuransi mobil yang cocok, lanjutkan dengan menghitung perkiraan biaya premi asuransi mobil yang mesti kamu bayarkan menggunakan Kalkulator Premi Asuransi Mobil berikut ini. 

Pertanyaan seputar penyebab mesin diesel keluar asap hitam tebal 

Artikel ini bersumber dari lifepal.co.id.