Telset.id, Jakarta – YouTube sedang melakukan uji coba fitur streaming saluran acara TV gratis di platform mereka. Fitur ini bisa dipakai pengguna untuk menyaksikan siaran televisi kapan dan dimana saja.

Dikutip Telset dari GSM Arena pada Minggu (15/01/2023), perusahaan saat ini sedang dalam pembicaraan dengan berbagai perusahaan stasiun televisi untuk membawa acara TV, film, dan seluruh saluran TV ke platformnya.

YouTube mengatakan sudah menguji coba layanan streaming TV dan memilih pengguna YouTube untuk menguji coba fitur streaming channel TV tersebut. Nantinya fitur gratis ini akan didukung iklan, alias sama seperti konten YouTube lainnya.

Lebih lanjut, YouTube juga sedang mengukur minat pemirsa dan jika semuanya berjalan sesuai rencana, maka YouTube nantinya akan mendapatkan 45% dari pendapatan iklan untuk setiap siaran TV yang ditayangkan.

BACA JUGA:

Uji coba fitur saluran TV di YouTube ini tampaknya menjadi dorongan lain dari YouTube untuk berkembang. Sebelumnya, platform streaming buatan Google ini telah mencapai kesepakatan dengan NFL Sunday Ticket yang akan disiarkan di YouTube TV dan YouTube Primetime Channels, mulai tahun ini.

Selain itu, YouTube juga mulai berbagi pendapatan iklannya dengan pembuat YouTube Shorts, yang akan membuat layanan ini lebih menguntungkan daripada TikTok.

YouTube Premium Uji Coba Fitur Antrean 

Sebelumnya YouTube Android dan iOS versi Premium menghadirkan fitur “add to queue” atau “tambahkan ke antrean” meski masih dalam tahap pengujian.

Pengguna YouTube Android dan iOS versi Premium bisa uji coba fitur baru tersebut hingga 28 Januari 2023 mendatang. Fitur “add to queue” sendiri diperkirakan akan rilis tak lama kemudian.

Seperti Telset kutip dari GSM Arena pada Sabtu (17/12/2022), fitur antrean itu telah tersedia di aplikasi YouTube untuk perangkat smart TV maupun versi desktop.

Pengguna YouTube Premium di perangkat seluler harus membuka halaman Settings, lalu melakukan klik di menu bagian “Try new features” atau “Coba fitur baru”.

Aplikasi YouTube kemudian akan memuat ulang. Anda seharusnya dapat mulai menambahkan video ke antrean melalui menu tiga titik di bagian bawah setiap video.

BACA JUGA:

Opsi antrean baru akan berfungsi seperti di TV dan web dengan kemampuan untuk menambahkan video apa pun yang Anda inginkan masuk ke dalam daftar.

Video akan diputar secara berurutan. Pengguna juga akan memiliki kemampuan untuk menghapus klip dan mengatur ulang pesanan melalui menu drop-down.

Tidak hanya itu, bilah antrean juga mempunyai opsi hapus, yang berfungsi untuk menghapus semua video yang dikelompokkan. Anda kini bisa mencobanya. [NM/IF]

Artikel ini bersumber dari telset.id.